PENETAPAN KKM

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) adalah adalah salah satu perangkat dalam evaluasi pembelajaran, dimana pencapaian siswa dalam KD (kompetensi dasar) tertentu harus mencapai atau melampaui nilai KKM. KKM dibuat guru pada awal tahun pembelajaran.

Hal ini ditujukan agar siswa bisa meneruskan materi pembelajaran selanjutnya tanpa mengalami kesulitan pokok. Tidak dipungkiri bahwa beberapa mata pelajaran memerlukan prasyarat berupa penguasaan materi pada pembelajaran sebelumnya. Maka ketika siswa belum mencapai KKM, maka dianjurkan untuk remidial teaching atau remidial test.

Kriteria yang mempengaruhi KKM adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa. Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan dalam proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat faktor SDM, keragaman dalam metode pembelajaran, dan waktu dalam pencapaian KD tersebut. Daya dukung berupa sarana dan prasarana yang mendukung dalam pencapaian KD tersebut. Sedangkan intake siswa adalah kemampuan awal siswa yang akan melaksanakan pembelajaran. Intake siswa diambil melalui nilai UN atau hasil PSB untuk siswa baru. Sedangkan untuk siswa yang lain KKM bisa ditentukan berdasarkan nilai rapor pada semester sebelumnya.

Adapun format, contoh, dan panduan dalam membuat KKM dapat di download di sini.Penetapan KKM

Semoga bermanfaat

Advertisements

About rinawijayanti

I'm trying to be better
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s