Pembelajaran Unsur, Senyawa, dan Model Atom

Pembelajaran yang  sangat dirindukan siswa adalah pembelajaran yang menyenangkan. Ketika senang, maka pembelajaran akan diterima dengan mudah, dan dapat menghasilkan prestasi yang diharapkan.

Malampet/plastisin. Yak. Semua orang pasti sudah kenal dengan mainan ini. Sangat menarik ya,,, karena warna warni dan bisa dibentuk sesuka hati. Kue, bunga, boneka, pesawat, bahkan orang-orangan. Sudah pernah untuk buat apa lagi hayo… 🙂

Nah, malampet ini bisa digunakan sebagai sarana yang menarik dalam pembelajaran, seperti yang kami lakukan di SMP Islam Al Abidin Surakarta. Malampet digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran unsur, senyawa, dan model atom. Anak-anak jadi ceria, karena mereka bisa belajar sambil bermain,, seperti di bawah ini nih…

1

Bagi para guru, mari menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,,, cara di atas bisa diadopsi, atau bahkan di adaptasi. Share ke yang lain ya,,, semoga bermanfaat.

 

Semangat berkarya…

 

Advertisements
Posted in Uncategorized | Leave a comment

SIMULASI LEGGER

Kepada semua warga SMP Islam Al Abidin, berikut nilai legger siswa level 9 yang bisa disimulasikan. Silahkan di download di sini.LEGGER ABU BAKARLegger Umar, dan Legger khadijah

terimakasih… 🙂

Posted in Uncategorized | Leave a comment

PENETAPAN KKM

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) adalah adalah salah satu perangkat dalam evaluasi pembelajaran, dimana pencapaian siswa dalam KD (kompetensi dasar) tertentu harus mencapai atau melampaui nilai KKM. KKM dibuat guru pada awal tahun pembelajaran.

Hal ini ditujukan agar siswa bisa meneruskan materi pembelajaran selanjutnya tanpa mengalami kesulitan pokok. Tidak dipungkiri bahwa beberapa mata pelajaran memerlukan prasyarat berupa penguasaan materi pada pembelajaran sebelumnya. Maka ketika siswa belum mencapai KKM, maka dianjurkan untuk remidial teaching atau remidial test.

Kriteria yang mempengaruhi KKM adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa. Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan dalam proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat faktor SDM, keragaman dalam metode pembelajaran, dan waktu dalam pencapaian KD tersebut. Daya dukung berupa sarana dan prasarana yang mendukung dalam pencapaian KD tersebut. Sedangkan intake siswa adalah kemampuan awal siswa yang akan melaksanakan pembelajaran. Intake siswa diambil melalui nilai UN atau hasil PSB untuk siswa baru. Sedangkan untuk siswa yang lain KKM bisa ditentukan berdasarkan nilai rapor pada semester sebelumnya.

Adapun format, contoh, dan panduan dalam membuat KKM dapat di download di sini.Penetapan KKM

Semoga bermanfaat

Posted in Uncategorized | Leave a comment

CARA MENGISI LJK

1. Pastikan pensil yang kamu gunakan adalah pensil 2B.
*Banyak merek yang biasa mempunyai standar 2B. Ingat hanya 2B for computer jangan 5B atau HB ya … Kasus yang pernah terjadi adalah siswa mengikuti ujian, tetapi hasil LJK tidak terbaca oleh scanner sehingga nilainya 0.
2. Persiapkan pensil yang sudah diraut, dan jumlahnya lebih dari 2 agar tidak tersita waktu untuk meraut pensil yang sudah digunakan.
*Saat meraut, jangan sampai terlalu tajam, pastikan pas dengan kebutuhan, kalau terlalu tajam ada resiko menyobek LJK
3. Persiapkan penghapus yang bersih.
*Ternyata penghapus turut mempengaruhi kebersihan dan keterbacaan LJK pada scanner. Cara menghapusnya juga harus hati-hati agar ketika kita menghapus, jawaban pada nomor sebelum dan sesudahnya tidak ikut terhapus. Ingat, jika terjadi kesalahan, hapuslah hingga benar-benar bersih
4. Gunakan alas untuk menghindari “jendolan”
5. Pengisian kolom jawaban sangat perlu diperhatikan.
*Hindari pengisian yang tidak terlalu bulat atau bahkan keluar dari lingkaran.
6. Saat melingkari jawaban, pastikan benar-benar hitam.
*Pastikan huruf benar-benar tertutupi sampai terlihat kilauan dari LJK karena yang ditangkap scanner adalah kilauan itu.
7. Sebelum melakukan pengisian, bacalah dulu baik-baik, petunjuk pengisiannya.
*ini yang jarang dilakukan, sebaiknya dibaca dulu
8. Isilah kotak Identitas ( nama , nomor peserta, tanggal lahir, mapel, dsb) dengan huruf KAPITAL, kemudian baru anda melingkari yang ada dibawahnya sesuai data di atas.
9. Teliti kembali pengisian identitas jangan sampai ada kesalahan serta penulisan jangan melebihi kotak yang disediakan
10. Jangan mengotori atau mencoret-coret lembaran karena sangat berpengaruh sekali pada saat analisa LJK.
*fatal banget nih kalo dilakuin
11. Jangan sampai LJK terkena keringat ,terlipat atau sobek. Maka bawalah tissu atau sapu tangan untuk mengusap keringat.
12. Bubuhkan tanda tangan anda ( dengan pensil 2B ).
Jangan menggunakan bolpoin dan jangan melewati kotak yang disediakan
13. Jangan lupa memeriksa kembali lembar jawaban anda sebelum dikumpulkan.
*kalau ada sisa waktu, lebih baik digunakan untuk memeriksa kembali lembar jawaban anda

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kisi -kisi UN 2013

Setiap kenaikan derajat seseorang, maka akan ada ujian yang akan menseleksi apakah dia layak naik derajat atau tidak. Nah, jadi jangan takut akan ujian karena pada hakikatnya ia akan meninggikan kita.
Langkah-langkah apa saja yang harus kita persiapkan agar lulus ujian?

  • Berdoa, karena yang menggenggam segalanya adalah Allah. Dia yang menggerakkan hati kita dan orang-orang di sekitar kita agar bisa membimbing kita mempersiapkan. Tingkatkan kedekatan kita dengan Allah dengan ibadah, dan jangan lupa sebelum tes minta maaf sama orang tua, guru-guru, dan teman-teman semuanya.
  • Belajar. Mau pintar, maknya belajar. Nah, itu kata-kata yang sering kita dengar dan tidak diragukan kebenarannya. Masih ingat petuah untuk Mahar di laskar pelangi? Udah capek-capek minta jimat agar mudah sukses ujian ke tuk dalang tua (bener gak ya?), eh,,ending-endingnya juga disuruh belajar. Hufff..

Btw, buka lagi QS. Ar-Ra’d : 11 : …Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka.

Yang tak kalah penting adalah banyakk latihan. Yes, practice. Jika ada kesulitan, jangan malu bertanya kepada teman atau guru yang lebih tau. OK. Malu beranya, sesat di jalan. Etchh..tapi kalau pas ujian ya tanya pada diri sendiri aja.

  • Minta doa restu orang tua. Ridha Allah terletak pada ridho orang tua dan murka Allah terletak pada murkanya orang tua. Apalagi ibu, yang kekuatan doanya sungguh luarrrr biasa
  • Tawakal. Apapun hasilnya nanti, itu semua dari Allah. kita tidak boleh mutung. Yang penting maju terus pantang mundur, sampai titik darah penghabisan (kata pejuang kita)

Nah, semoga dapat bermanfaat.
Di sini ms share tentang ringkasan hasil bedah skl yang ms ikuti kemarin. Silahkan diunduh disiniPenjabaran Kisi UN 2012-2013 anak

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Soal Pengayaan Mid SMT 2

Pengayaan Mid 2  Silahkan di klik dan dikerjakan ! ok.

I know you can do better and be the best. Man jadda wa jada

Silahkan di klik dan dikerjakan ! ok

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Materi struktur tumbuhan

Tumbuhan memegang peranan penting dalam kehidupan. Tanpanya, rantai energi akan terputus dan semuanya akan mati. Betapa pentingnya peran tumbuhan tersebut. Ketika ia berkurang sedikit saja, akibatnya polusi udara, tanah longsor, dan yang lebih berbahaya lagi yang mungkin sedang terjadi adalah adanya pemanasan global.
So, let’s study together about plant structure and how can they be like that. But I’m sorry, in this post, I just show you the plant structure. just click on :struktur tumbuhan the plant structure

Posted in Uncategorized | Leave a comment